Kaki Gajah Penyebab

kaki gajah 2Kaki gajah disebabkan oleh cacing filaria yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun (kornis) dan jika tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki. Akibatnya, penderita tidak dapat bekerja secara optimal, bahkan hidupnya tergantung kepada orang lain sehingga menjadi beban keluarga, masyarakat dan negara.

Di Indonesia, penyakit kaki gajah tersebar luas hampir di seluruh propinsi. Bedasarkan laporan dari hasil survei pada tahun 2000 yang lalu, tercatat sebanyak 1.553 desa di 647 puskesmas, tersebar di 231 kabupaten merupakan lokasi yang endemis dengan  jumlah kasus kronis 6.233 orang. Hasil survei laboratorium, melalui pemeriksaan darah jari, rata-rata Mikrofilaria rate (Mf rate) 3,1%, berarti sekitar 6 juta orang sudah terinfeksi cacing filaria dan sekitar 100 juta orang mempunyai risiko tinggi untuk tertular karena nyamuk penularannya tersebar luas.

penyebab-kaki-gajah

Gambar : Nyamuk penyebab kaki gajah

Penyebab utama dari kaki gajah adalah lingkungan yang tidak bersih dan tatanan kota yang kotor, sehingga membuat banyak tempat perkembangbiakan nyamuk yang membawa penyakit.
 
Sepertiga dari orang yang terinfeksi kaki gajah tinggal di India, kemudian di Afrika dan sebagian besar sisanya berada di Asia Selatan, Pasifik dan Amerika. Di daerah tropis dan subtropis mudah terjangkit penyakit ini.

Penyebab penyakit kaki gajah adalah tiga spesies cacaing filaria yaitu Wucheria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timori. Di Indonesia hingga saat ini telah diketahui ada 23 spesies  nyamuk dari genus Anopheles, Culex, Mansonia, Aedes dan Armigeres yang dapat berperan sebagai vektor penularpenyakit kaki gajah.

Penyebab lainnya  dari kaki gajah adalah cacing benang putih yang hidup di dalam pembuluh getah bening. Sementara itu, tempayak atau anak cacingnya masuk ke dalam aliran darah. Setelah  parasit-parasit itu mati dan mengeras, perlahan-lahan pembuluh limfa akan tersumbat, sehingga beberapa bagian tubuh akan mengembung.

Seseorang dapat tertular atau terinfeksi penyakit kaki gajah apabila orang tersebut digigit nyamuk yang infektif yaitu nyamuk yang mengandung larva satdium III (L3). Nyamuk tersebut mendapat cacing filaria kecl  (mikrofilaria) sewaktu menghisap darah penderita yang mengandung mikrofilaria atau binatang resorvir yang mengandung mikrofilaria. Siklus penularan penyakit kaki gajah ini melalui dua tahap yaitu perkembangan dalam tubuh nyamuk (vektor) dan tahap kedua perkembangan dalam tubuh manusia (hospes) dan reservoair.

Kaki gajah tersebar lenih dari satu milliar orang di lebih dari 80 negara. Lebiih dari 120 juta orang telah terjangkit kaki gajah, lebih dari 40juta orang miskin atau kurang mampu terjangkit penyakit ini.


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Kaki Gajah dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kaki Gajah and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>