Penyebab Kaki Gajah

Penyebab Kaki Gajah – Penyakit kaki gajah atau Filariasis adalah penyakit yang dapat menular disebabkan oleh cacing yang di tularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini bersifat menahun atau kronis dan bila tidak mendapatkan pengobatan, dapat menimbulkan cacat menetapberupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki laki. Penyakit ini banyak sekali ditemukan di negara Indonesia.

Penyebab Kaki Gajah

Penyebab Kaki Gajah

Penyakit kaki gajah atau penyakit filariasis adalah penyakit yang menular dan menahun yang disebabkan oleh cacing filaria, ditularkan oleh gigitan berbagai jenis nyamuk seperti anophels culex aedes mansoniaan, opheles, aedes dan sebagainya. Akibat dari penyakit kaki gajah ini bila tidak mendapatkan pengobatan yang tepat dapat menimbulkan cacat menetap.

Filariasis adalah sejumlah infeksi yang disebabkan oleh cacing filaria. Penyakit ini dapat menyerang hewan maupun manusia. Parasit filaria ratusan jenisnya, tapi hanya 8 spesies yang dapat menimbulkan penyebab kaki gajah pada manusia. Pengelompokkan filariasis umum dikategorikan menurut lokasi habibat cacing dewasa dalam tubuh manusia, yaitu filariasis  kulit, limfatik, dan rongga tubuh. Penyakit ganas ini juga dikenal dengan penyakit menahun yang sangat dirugikan bagi penderitanya. Ketika seseorang terserang penyakit ini maka bekas yang ditimbulkan tidak dapat hilang bahkan jika tidak ada penanganan khusus maupun menjadi cacat bagi penderitanya.

Gejala Kaki Gajah atau Filariasis

Berdasarkan gejalanya, filariasis limfatik terbagi dalam tiga kategori yang meliputi kondisi tanpa gejala, akut, dan kronis. Sebagian besar infeksi filariasis limfatik terjadi tanpa menunjukkan gejala apa pun. Meski demikian, infeksi ini tetap menyebabkan kerusakan pada jaringan limfa dan ginjal sekaligus memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Filariasis limfatik akut terbagi lagi dalam dua jenis, yaitu adenolimfangitis akut (ADL) dan limfangitis filaria akut (AFL).

Jika mengidap ADL, pasien akan mengalami gejala demam, pembengkakan noda limfa atau kelenjar getah bening (limfadenopati), serta bagian tubuh yang terinfeksi akan terasa sakit, memerah, dan membengkak. ADL dapat kambuh lebih dari satu kali dalam setahun. Cairan yang menumpuk dapat memicu infeksi jamur pada kulit yang merusak kulit. Semakin sering kambuh, pembengkakan bisa semakin parah.

Sedangkan AFL yang disebabkan oleh cacing-cacing dewasa yang sekarat akan memicu gejala yang sedikit berbeda dengan ADL karena umumnya tidak disertai demam atau infeksi lain. Di samping itu, AFL dapat memicu gejala yang meliputi munculnya benjolan-benjolan kecil pada bagian tubuh, tempat cacing-cacing sekarat terkumpul (misalnya pada sistem getah bening atau dalam skrotum).

Sementara jenis ketiga, yaitu kondisi kronis, akan menyebabkan limfedema atau penumpukan cairan yang menyebabkan pembengkakan pada kaki dan lengan. Penumpukan cairan dan infeksi-infeksi yang terjadi akibat lemahnya kekebalan tubuh akhirnya akan berujung pada kerusakan dan ketebalan lapisan kulit. Kondisi ini disebut sebagai elefantiasis. Selain itu, penumpukan cairan juga bisa berdampak pada rongga perut, testis pada penderita laki-laki dan payudara pada penderita wanita.

Penyebab Kaki Gajah yang Menular

Penyakit yang menular ini bisa dikaitkan dengan efek-efek lain yang beragam. Sifat dari penyakit kaki gajah adalah menahun dan bisa menyerang secara umum pada siapa saja. Jika ada orang yang mengalami masalah ini dan tidak mendapatkan pengobatan sedini mungkin, mereka akan mengalami cacat pada pembengkakan bagian yang terserang. Cacat yang menetap karena disebabkan oleh penyakit ini akan berujung pada gangguan perkembangan psikologis penderita. Gangguan ekonomi akibat penyakit ini juga tidak kalah besar, karena penderita yang sudah cacat tidak akan bisa lagi beraktivitas seperti biasa dan membutuhkan pengobatan secara terus-menerus.

Kasus filariasis sudah ditemui di hampir seluruh wilayah di Indonesia, bukan hanya di wilayah pedesaan namun juga wilayah perkotaan. Penyebab utama dari penyakit ini adalah masuknya cacing filarialis yang disebarkan oleh nyamuk. Ada 3 jenis utama seperti Brugia Malay, Brugia Timor, dan Wuchereria Bancrofti. Lebih rumit lagi, penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit yang menular. Artinya, anggota keluarga penderita akan rentan terkena serangan yang sama, jika penderita digigit nyamuk vector, yang kemudian menggigit anggota keluarga lainnya.

Untuk cara pencegahan penyakit kaki gajah ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Yang paling utama adalah Anda harus menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang nyamuk. Selain itu juga Anda jangan sampai membiarkan nyamuk menggigit tubuh Anda. Anda juga perlu melakukan imunisasi kaki gajah. Biasanya untuk obat ini akan diberikan secara masal pada daerah terjangkit dengan korban yang cukup banyak. Dengan melakukan pencegahan akan penyakit kaki gajah kita selain bisa terhindar dari bahaya penyakit ini tetapi juga bisa membuat tubuh selalu sehat.

Penyakit kaki gajah adalah salah satu jenis penyakit menular yang berbahaya. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari pemakai barang bekas yang digunakan penderita. Perkembangan cacing penyebab kaki gajah tidaklah sebentar karena memerlukan penyebaran cacing betina dan jantan agar bisa berkembangbiak. Saat terjadi perkembangbiakan cacing dalam tubuh inilah yang bisa menyebabkan kaki gajah. Kebersihan tubuh dan lingkungan penting dalam pencegahan kaki gajah. Selain itu memperhatikan dan memberikan perlakuan khusus penderita terutama dalam penanganannya bisa menyelamatkan semuanya. Nah, mari kita melakukan pencegahan kaki gajah agar kaki gajah tidak mewabah di lingkungan kita tercinta.

Penyebab Kaki Gajah

Cara Pemesanan Jeli Gamat Luxor – Obat Kaki Gajah
Mengatasi Penyakit Kaki Gajah Beserta Penyebabnya dan Penyakit Lainnya

Harga Obat Kaki Gajah – Jelly Gamat Luxor 1 Botol Isi 350 ml = Rp.265.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0852-1617-3280, tuliskan: Pesan Obat Kaki Gajah Jeli Gamat Luxor, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Jeli Gamat Luxor Untuk Mengatasi Penyakit Kaki Gajah dan Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Kaki Gajah and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.